Memilih Vendor Payment Gateway Terbaik Di Indonesia

Memilih vendor payment gateway di Indonesia untuk situs web eCommerce Anda adalah proses yang gampang-gampang susah. Payment Gateway di Indonesai ada banyak ragamnya,  beberapa diantaranya adalah Midtrans, FasPayiPaymu, EsPay, Xendit, Doku iPay88          NicePay PayPal                dengan biaya Setup Fee semuanya gratis.

Saat memilih, Anda harus memastikan bahwa pengalaman pembayaran pelanggan lancar, cepat, dan aman. Ini membantu meningkatkan kepercayaan di antara pelanggan dan kembali untuk membeli produk atau layanan lain di masa mendatang.

Berikut adalah enam faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih gateway pembayaran:

Peraturan Pemerintah

Selain izin dari Bank Indonesia untuk menjalankan layanannya, penyedia payment gateway di Indonesia harus memiliki lisensi dari PCI DSS dengan Level 1. Di Indonesia, banyak ditemukan penyedia pembayaran yang menanggung semua persyaratan dan standar kepatuhan PCI DSS sesuai dengan harus mengikuti peraturan pemerintah.

Penggunaan Multi-Mata Uang Dan Internasional

Pelanggan lebih cenderung melakukan pembelian dari situs ecommerce ketika mereka dapat membayar dalam mata uang mereka sendiri. Di Indonesia, hanya sedikit provider yang mengizinkan transaksi dalam mata uang internasional, sehingga merchant yang ingin menjual produknya ke pasar luar negeri atau global harus terlebih dahulu mengkonfirmasi fasilitas multi currency dan penggunaan internasional dengan vendor tersebut.

Dukungan Pembayaran-Dan-Pelanggan

Beberapa vendor layanan payment gateway Indonesia juga menyediakan layanan hotline customer support yang aktif 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Layanan ini harus benar-benar gratis dan merchant berhak mendapatkan layanan ini. Layanan dukungan pelanggan dapat tersedia dalam bentuk email, nomor telepon, dan whatsapp dengan waktu penyelesaian minimum.

Dukungan Aplikasi Seluler Dan CMS

Vendor yang dapat menyediakan API yang mudah dikelola dan platform gateway pembayaran yang dapat disesuaikan untuk aplikasi seluler menarik lebih banyak audiens di era digital ini. Gerbang yang Anda pilih untuk situs Anda harus memberikan solusi yang memungkinkan pelanggan Anda berbelanja tanpa repot dari ponsel mereka masing-masing melalui aplikasi khusus.

Fitur Keselamatan & Keamanan

Jika perusahaan pemrosesan memiliki tim manajemen risiko, pastikan bahwa transaksi masuk Anda dipantau dengan cermat untuk menghindari penipuan. Selain itu, semua penyedia pembayaran diwajibkan untuk mematuhi persyaratan PCI DSS dan memiliki perangkat lunak pendeteksi aktivitas mencurigakan bawaan. PayOp, antara lain, membantu dalam kasus tolak bayar.

Tim manajemen risiko di ujung penyedia gateway pembayaran harus memantau semua transaksi. Misalnya, tim manajemen risiko Nicepay segera menghubungi pedagang jika ada aktivitas mencurigakan yang teridentifikasi. Selain itu, penyedia payment gateway juga harus memasang sistem pendeteksi penipuan untuk mendeteksi transaksi masuk yang curang.

Dokumentasi yang Diperlukan

Banyak vendor payment gateway Indonesia yang memiliki proses administrasi dan teknis yang mudah dimengerti dan cepat yang membuat proses orientasi menjadi lancar bagi merchant. Pemeriksaan kelengkapan dokumen harus memakan waktu maksimal 3-4 hari dan platform perlu mendukung berbagai API, Plugin, dan tumpukan SDK untuk memberikan opsi yang lebih baik kepada pedagang.

Multicurrency dan cakupan global

Pengguna enggan mentransfer dana melalui saluran yang tidak dikenal. Artinya, gateway pembayaran harus menyediakan metode pembayaran yang disukai pengguna di wilayah tertentu. Selain itu, gateway pembayaran Indonesia harus menawarkan kemampuan untuk melakukan pembayaran dalam mata uang lokal. Untuk ini, ada fungsi konversi mata uang dinamis. Ini memungkinkan pelanggan untuk membayar barang dalam mata uang yang sesuai, yang dikonversi secara real-time dengan kurs bank penerbit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.