Rata-rata tim Sales hanya menghabiskan 30% waktu mereka untuk Menjual

Riset Hubspot 2017: Rata-rata Tim Sales habiskan 30% Waktu Untuk Menjual

Rata-rata tim Sales hanya menghabiskan 30% waktu mereka untuk Menjual
Rata-rata tim Sales hanya menghabiskan 30% waktu mereka untuk Menjual

Rata-rata tim Sales hanya menghabiskan 30% waktu mereka untuk Menjual. Terkejut dengan fakta ini?

Data ini didapatkan dari riset yang dilakukan oleh Hubspot pada tahun 2017.

Lalu apa yang mereka lakukan dengan sisa waktunya? 21% digunakan untuk menulis follow up email, 17% untuk input data, 17% untuk melakukan riset tentang pelanggan, 12% untuk melakukan penjadwalan meeting dengan potential klien atau membuat tugas/reminder, dan sisanya untuk berbagai aktivitas lain seperti internal meeting, coordination dan sebagainya.

Menilik dari data tersebut, banyak aktivitas Sales yg terkait dengan proses administrasi yang seharusnya bisa diminimalkan dengan menggunakan Sales Automation.

Rata-rata tim Sales hanya menghabiskan 30% waktu mereka untuk Menjual
Rata-rata tim Sales hanya menghabiskan 30% waktu mereka untuk Menjual

Menurut McKinsey, lebih dari 1/3 dari aktivitas Sales dapat dilakukan otomasi. Detailnya bisa dicek melalui gambar di bawah ini.

McKinsey juga menyebut bahwa Sales automation is the key to boosting revenue and reducing costs.

Lalu bagaimana caranya untuk memulai implementasi Sales Automation tersebut? Berikut ini adalah tahapan setiap fase

Fase 1 : Memilih dan menentukan satu use cases dari Sales process untuk dilakukan otomasi. Tim terkait perlu menentukan satu area untuk dijadikan pilot project. Pilih area dengan pain terbesar terkait dengan proses manual.

Fase 2: Eliminasi aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah bagi pelanggan di sepanjang sales process.

Fase 3 : Otomatisasi tugas-tugas yang perlu dilakukan secara manual, yang menyita waktu dan juga berulang dengan menggunakan bantuan teknologi.

Fase 4 : Buatkan standarisasi proses yang baru setelah otomatisasi dan eliminasi dijalankan.

Fase 5 : Berikan training kepada seluruh member terkait proses yang baru dan cara menggunakan teknologi yang digunakan untuk mendukung proses tersebut

Fase 6 : Scale-up. Ulangi proses 1-5 untuk area dan proses sales lainnya.

Rata-rata tim Sales hanya menghabiskan 30% waktu mereka untuk Menjual
Rata-rata tim Sales hanya menghabiskan 30% waktu mereka untuk Menjual

Mereka yang sukses menerapkan Sales Automation secara menyeluruh, menggunakan pendekatan Wave/bertahap seperti ini dan tidak merubah semua proses sekaligus untuk mendapatkan buy in dari stake holder terkait dan meminimalkan resiko kegagalan.

Adakah teman-teman yang pernah terlibat dalam proses implementasi atau sudah menggunakan proses berbasis Sales Automation ini? Yuk share di comment, apa yg paling disukai dan apa yg diharapkan tapi belum bisa dilakukan oleh automation tools yg ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published.