Cara Klaim Asuransi Kesehatan Sistem Reimbursement

Mengenal Cara Klaim Asuransi Kesehatan Sistem Reimbursement, Jarang digunakan Tapi Banyak Keuntungannya

Saat memilih produk asuransi kesehatan, hal pertama yang harus anda pastikan adalah sistem pembayaran klaim dari asuransi yang dipilih. Secara umum, ada tiga sistem pembayaran klaim asuransi yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Klaim asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement
  • Klaim asuransi kesehatan dengan sistem cashless (gesek kartu)
  • Klaim asuransi kesehatan dengan sistem santunan.

Masing-masing sistem klaim asuransi diatas punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, pastikan anda tanyakan terlebih dahulu agar tidak kecewa nantinya. Selain sistem klaim yang harus dipahami, tanyakan juga ke pihak asuransi mengenai jaringan rumah sakit atau klinik yang bisa digunakan. Jangan sampai anda mengalami kesulitan ketika berobat justru saat anda ikut program asuransi akibat minimnya jaringan rumah sakit provider atau klinik rekanan.

Berikut ini ulasan detil mengenai sistem klaim asuransi kesehatan tersebut:

Sistem Reimbursement, Walau Jarang digunakan Tapi Banyak Juga Keuntungannya

Sistem reimbursement mengharuskan pemegang polis asuransi kesehatan menanggung biaya medis dari uang pribadi terlebih dahulu, dan baru kemudian biaya tersebut ditagihkan kepada perusahaan asuransi kesehatan dengan melampirkan kwitansi pembayaran yang diterima dari pihak rumah sakit. Hal ini yang membuat sistem reimburse kurang diminati oleh nasabh asuransi dan kini sistem tersebut juga sudah jarang digunakan.

Walaupun jarang digunakan, dan minim peminatnya namun sebenarnya sistem reimburse ini memiliki keuntungan sebagai berikut:

Nasabah asuransi bisa berobat dimana saja

Sistem reimburse tidak mengenal rumah skit provider atau klinik rekanan. Peserta asuransi dapat berobat serta memperoleh service kesehatan di semua rumah sakit yang dikehendaki meskipun rumah sakit itu tak mempunyai kerja sama juga dengan asuransi yang nasabah miliki. Peserta asuransi juga bisa memilih layanan kesahatan yang lebih lengkap selama plafon yang tersedia mencukupi.

Proses Medis di Rumah Sakit Lebih Cepat

Karena pasien membayar sendiri biaya rumah sakit, maka proses administrasi dan layanan keesehatan di rumah sakit bisa lebih cepat. Setelah itu baru pasien proses klaim ke perusahaan asuransi.

Bebas memilih layanan kesehatan dan dokter yang diinginkan

Sistem reimburse karena tidak menggunakan sistem rumah sakit provider maka memungkinkan nasabah bebas memilih untuk memperoleh perawatan yang terbaik walau harga nya mahal.

Dibalik keuntungan diatas, sistem reimburse memberikan kesulitan tersendiri bagi nasabahnya karena harus memiliki dana darurat/cadangan terlebih dahulu saat sakit karena harus membayar dimuka. Jika tidak memiliki dana ini seringkali nasabah sistem reimburse justru terjebak pada hutang dalam bentuk KTA (Kredit Tanpa Agunan) atau yang lainnya untuk biaya pengobatan terlebih dahulu.

Mengenal Plus Minus Sistem Klaim Asuransi Kesehatan Cashless

Ada asumsi umum yang banyak diyakini masyarakat walaupun belum tentu benar yang dihubungkan dengan program asuransi dimana konon katanya, klaim asuransi kesehatan itu ribet dan rumit, sedangkan untuk menerima premi mereka gampang banget. Benarkah demikian? Sebelum menilai lebih jauh akan persepsi umum tersebut, apakah Anda tahu bagaimana sebenarnya sistem pembayaran klaim asuransi yang bisa Anda lakukan? Pemahaman akan hal ini menjadi salah satu jawaban persepsi umum diatas.

Saat memilih produk asuransi kesehatan, hal pertama yang harus anda pastikan adalah sistem pembayaran klaim dari asuransi yang dipilih. Secara umum, ada tiga sistem pembayaran klaim asuransi yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Klaim asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement
  • Klaim asuransi kesehatan dengan sistem cashless (gesek kartu)
  • Klaim asuransi kesehatan dengan sistem santunan.

Kliam Asuransi Kesehatan dengan Sistem Cashless

Sistem klaim ini paling banyak digunakan saat ini. Saat nasabah asuransi sakit, dia tinggal menunjukkan kartu peserta asuransi (biasanya berbentuk seperti kartu ATM) ke rumah sakit provider untuk membayar biaya rumah sakit sesuai dengan plafon yang ditetapkan. Banyak kemudahan yang diberikan, salah satunya tanpa perlu persiapan dana lebih dahulu saat sakit, anda sudah bisa langsung berobat.

Proses klaimnya adalah saat Anda sakit cukup menunjukkan kartu anggota asuransi kepada pihak rumah sakit, dan semua pembiayaan pengobatan atau rumah sakit Anda akan dibayarkan oleh pihak rumah sakit. Pengurusan tagihan klaim dilakukan oleh rumah sakit ke perusahaan asuransi yang bersangkutan.

Kemudahan dan Kekurangan Sistem Cashless

Sistem cashless memberikan kemudahan proses klaim tanpa perlu biaya dibayarkan di depan. Hal ini cocok bagi anda yang merantau atau bekerja jauh dari keluarga atau yang tidak siap dengan dana darurat/cadangan. Namun kekurangannya adalah tidak semua rumah sakit bekerja sama dengan asuransi yang anda ikuti. Hal ini cukup merepotkan manakala anda tinggal di lokasi yang jauh dari rumah sakit proveider asuransi tersebut.

Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum ikut program asuransi dengan sistem cashless ini adalah Anda memilih perusahaan asuransi dengan jaringan rumah sakit yang luas. Lebih penting lagi mencari rumah sakit provider yang dekat dengan rumah atau tempat kerja. Kondisi sakit biasanya adalah darurat. Jangan sampai saat kondisi darurat justru membuat anda makin sengsara karena jauh dari rumah sakit provider saat akan berobat.

Karena memberi kemudahan dari sisi proses klaim tanpa perlu bayar dimuka, maka biasanya premi asuransi kesehatan dengan sistem cashless ini sedikit lebih mahal dibanding sistem reimbursement.

Sistem Klaim Santunan

Sistem klaim asuransi kesehatan berikutnya adalah model santunan. Tidak peduli anda berobat imana, sakitnya apa dan habis berapa, jika menggunakan sistem santunan ini maka perusahaan asuransi akan memberikan santunan harian selama Anda dirawat di rumah sakit. Besarnya santunan biasanya telah disepakati sebelumnya antara Anda dengan perusahaan asuransi.

Proses klaim untuk mendapatkan santunan membutuhkan sejumlah dokumen yang harus Anda lampirkan seperti formulir klaim asuransi, kwitansi pengobatan, diagnosa sakit, dan sejumlah dokumen lainnya.

Apapun Sistemnya, Asuransi Kesehatan Mutlak diperlukan agar Hidup Anda Nyaman dan Terlindungi

Karena sakit adalah kondisi manusiawai yang bisa dialami siapa saja namun waktunya tidak bisa diprediksi maka anda perlu menyiapkan solusi atas resiko ini. Lebih penting lagi untuk diketahui bahwa biaya kesehatan seringkali seolah “tidak terbatas” alias mahal, sehingga proteksi dalam bentuk asuransi kesehatan lebih tepat dibandingkan sekedar dana cadangan.

Memahami sistem klaim dari setiap perusahaan asuransi yang ingin anda ikuti akan mempermudah saat proses klaim terjadi. Selain itu anda juga bisa memprediksi benefit dan resiko yang dihadapi dari setiap model klaim yang berlaku. Walhasil, anda akan mendapatkan hasil maksimal atas setiap premi yang anda bayarkan, dan di sisi lain, perusahaan asuransi juga diuntungkan karena anda termasuk orang yang paham akan produk yang diambil sehingga mengurangi potensi sengketa klaim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.