Metode Analisis Potensi Pasar BPR dan Pengumpulan Data

Modul011: Merancang Produk/ Jasa Layanan dan
Program Pemasaran
Sesi2-3: Menganalisis Potensi Pasar
Menganalisis Potensi Pasar
BPR.011.S2-3.H3 Memilih metode analisis dan pengumpulan data yang akan digunakan 1/1
Memilih metode analisis dan pengumpulan data yang akan digunakan
Metode- metode pengumpulan data:

  1. Interview / wawancara
    Interview adalah suatu bentuk dialog yang dilakukan oleh pewawancara
    (interviewer) untuk memperoleh informasi dari terwawancara (interviewe)
    dinamakan interview. Instrumennya dinamakan pedoman wawancara atau interview
    guide. Kekuatan interview terletak pada ketrampilan seorang interviewer dalam
    melakukan tugasnya, ia harus membuat suasana yang tenang, nyaman, dan
    bersahabat agar sumber data dapat memberikan informasi yang jujur.
  2. Angket/ Kuesioner.
    Bentuk lembaran angket dapat berupa sejumlah pertanyaan tertulis, tujuannya untuk
    memperoleh informasi dari responden tentang apa yang ia alami dan ketahuinya.
    Bentuk kuesioner yang dibuat sebagai, seperti: a) kuesioner terbuka, b) kuesioner
    tertutup c) kuesioner langsung d) kuesioner tidak langsung e) check list, yaitu daftar
    isian yang bersifat tertutup f) skala bertingkat, biasanya menunjukkan skala sikap
    yang mencakup rentang dari sangat setuju sampai sangat tidak setuju terhadap
    pernyataannya.
  3. Observasi
    Observasi diartikan sebagai pemusatan perhatian terhadap suatu objek dengan
    melibatkan seluruh indera untuk mendapatkan data.
    Instrumen yang digunakan dalam observasi dapat berupa pedoman pengamatan,
    tes, kuesioner, rekaman gambar, dan rekaman suara.
    Instrumen observasi yang berupa pedoman pengamatan, biasa digunakan dalam
    observasi sitematis dimana si pelaku observasi bekerja sesuai dengan pedoman yang
    telah dibuat. Pedoman tersebut berisi daftar jenis kegiatan yang kemungkinan terjadi
    atau kegiatan yang akan diamati

Leave a Reply

Your email address will not be published.