Ketentuan Terkait Produk/Jasa dan Pemasaran


Ketentuan Terkait dengan Produk/ Jasa dan Pemasaran

Berdasarkan Peraturan tentang perlindungan Konsumen :

  1. Pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib menyediakan dan/atau menyampaikan
    informasi mengenai produk dan/atau layanan yang akurat, jujur, jelas, dan tidak
    menyesatkan.
  2. Informasi sebagaimana dimaksud) dituangkan dalam dokumen atau sarana lain
    yang dapat digunakan sebagai alat bukti.
  3. Pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib menyampaikan informasi yang terkini dan
    mudah diakses kepada Konsumen tentang produk dan/atau layanan.
  4. Pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib menyampaikan informasi kepada Konsumen
    tentang penerimaan, penundaan atau penolakan permohonan produk dan/atau
    layanan.
  5. Dalam hal Pelaku Usaha Jasa Keuangan menyampaikan informasi tentang
    penundaan atau penolakan permohonan produk dan/atau layanan, Pelaku Usaha
    Jasa Keuangan wajib menyampaikan alasan penundaan atau penolakannya
    kecuali diatur lain oleh peraturan perundang-undangan.
  6. Pelaku Usaha Jasa Keuangan wajib menggunakan istilah, frasa, dan/atau kalimat
    yang sederhana dalam Bahasa Indonesia yang mudah dimengerti oleh Konsumen
    dalam setiap dokumen yang:
    a. memuat hak dan kewajiban Konsumen;
    b. dapat digunakan Konsumen untuk mengambil keputusan; dan
    c. memuat persyaratan dan dapat mengikat Konsumen secara hukum.
  7. Bahasa Indonesia dalam dokumen dapat disandingkan dengan bahasa lain jika
    diperlukan.
    Berdasarkan Peraturan tentang Laku Pandai :
    Produk yang dapat disediakan oleh Lembaga Jasa Keuangan yang menyelenggarakan
    Laku Pandai antara lain:
    a. Tabungan;
    b. Kredit atau pembiayaan untuk nasabah mikro;
    c. Asuransi mikro; dan/atau
    d. Produk keuangan lainnya berdasarkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.